search

Pemain Catur Terbaik dan Terbaru


permainan catur

Catur adalah barang antik, berusia sekitar 1.500 tahun, menurut sebagian besar sejarawan. Akibatnya, evolusinya pada dasarnya tampak lengkap, permainan seram yang sekarang berjalan dengan susah payah. Itu tidak berarti bahwa belum ada tonggak sejarah. Di Eropa abad pertengahan, misalnya, mereka membuat bujur sangkar di papan tulis hitam dan putih. Pada abad ke-15, sang ratu mendapatkan kekuatan modernnya.

Dan pada abad ke-20 muncul komputer. Catur itu cukup sederhana (tidak banyak aturan, papan bertubuh kecil) dan cukup rumit (banyak game yang memungkinkan) untuk membuat test bed yang bermanfaat untuk program kecerdasan buatan. Ini menarik otak para insinyur dan uang perusahaan. Pada tahun 1997, mereka menerobos: superkomputer IBM Deep Blue mengalahkan juara dunia, Garry Kasparov. Manusia tidak lagi menyukai superkomputer, atau bahkan smartphone, dalam persaingan. Namun, pemain manusia papan atas bersandar pada komputer dalam pelatihan, mengandalkan mereka untuk bimbingan, analisis, dan wawasan. Mesin komputer sekarang membentuk cara permainan ini dimainkan pada level manusia yang paling tinggi: menghitung, cerdik, defensif, hati-hati.

Atau setidaknya begitulah yang terjadi. Tapi jika Anda membaca berita utama dari para catur dunia bulan lalu, Anda akan berpikir permainan itu tersentak maju lagi oleh lompatan kuantum yang tak terduga. Tapi ke mana?

Sang revolusioner dikenal sebagai AlphaZero. Ini adalah jaringan saraf baru, algoritma pembelajaran penguatan yang dikembangkan oleh DeepMind, anak perusahaan kecerdasan buatan rahasia Google. Tidak seperti program top lainnya, yang menerima input luas dan penyesuaian dari situs poker online programmer dan master catur, memanfaatkan kekayaan akumulasi pengetahuan catur manusia, AlphaZero secara eksklusif otodidak. Itu belajar bermain hanya dengan bermain melawan dirinya sendiri, berulang dan berulang – 44 juta game. Itu melacak strategi apa yang mengarah ke kemenangan, mendukung mereka, dan yang tidak, menyingkirkan mereka. Setelah hanya empat jam pelatihan tabula rasa ini, ia mengalahkan program catur teratas, sebuah mesin yang disebut Stockfish , memenangkan 28 pertandingan, menggambar 72 dan kalah nol. Hasil ini dijelaskan bulan lalu di amakalah yang diposting di arXiv, repositori penelitian ilmiah.

Permainan catur yang begitu mendunia

Dalam beberapa jam, dunia catur turun, seperti tablet batu yang baru saja dipahat, pada sampel 10 game komputer versus komputer yang diterbitkan dalam lampiran kertas. Dua tema besar muncul: Pertama, AlphaZero mengadopsi gaya menyerang habis-habisan, membuat banyak pengorbanan materi yang berani untuk mengatur keunggulan posisi. Kedua, catur elit karena itu mungkin tidak rentan terhadap undian seperti yang kita duga. Masih akan menghitung, ya, tapi tidak ceroboh, defensif, dan hati-hati. Catur mungkin masih memiliki evolusi.

Untuk merasakan kecakapan AlphaZero, pertimbangkan permainan berikut dari salah satu game yang diterbitkan. Perlu ditekankan di sini betapa bagusnya Stockfish, yang merupakan open source dan dikembangkan oleh tim kecil programmer,. Itu memenangkan Kejuaraan Mesin Catur Top 2016, turnamen komputer utama, dan tidak ada pemain manusia yang pernah hidup akan memiliki peluang melawannya dalam pertandingan.

Giliran AlphaZero untuk bergerak, dipersenjatai dengan potongan putih, melawan Stockfish dengan hitam, di posisi di bawah:

AlphaZero sudah tertinggal di belakang oleh dua pion, dan secara teori, uskupnya kurang kuat dibandingkan salah satu benteng Stockfish. Kehilangan buruk di atas kertas. AlphaZero memindahkan pionnya ke atas persegi, ke g4 – cukup berbahaya. Tapi sekarang pertimbangkan posisi hitam Stockfish. Gerakan apa pun yang membuatnya lebih buruk daripada jika tidak bergerak sama sekali! Ia tidak bisa memindahkan rajanya, atau ratunya, tanpa bencana. Ia tidak dapat memindahkan bentengnya karena pion f7-nya akan mati dan rajanya akan berada dalam bahaya besar. Itu tidak bisa memindahkan bidak lainnya tanpa ditangkap. Itu tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi itu hal tentang catur: Anda harus pindah. Situasi ini dikenal sebagai zugzwang, Jerman untuk “gerakan paksa.” AlphaZero mengawasi sementara Stockfish berjalan dari papannya sendiri. Stockfish memilih untuk memindahkan pionnya ke depan ke d5; itu segera ditangkap oleh uskup putih ketika serangan itu semakin dekat.

Anda bisa berargumen bahwa permainan itu, dan permainan lainnya antara dua komputer, adalah beberapa kontes catur terkuat, lebih dari ratusan tahun dan miliaran permainan, yang pernah dimainkan.

Tetapi apakah mereka adil? Setelah makalah penelitian AlphaZero diterbitkan, beberapa orang bertanya-tanya apakah timbangannya sesuai dengan keinginan AlphaZero. Chess.com diterimakomentar panjang dari Tord Romstad, salah satu pencipta Stockfish. “Hasil pertandingan sendiri tidak terlalu berarti,” kata Romstad. Dia mengutip fakta bahwa permainan dimainkan memberikan setiap program satu menit per langkah – keputusan yang agak aneh, mengingat bahwa permainan menjadi jauh lebih rumit saat mereka berjalan dan bahwa Stockfish diprogram untuk dapat mengalokasikan waktu dengan bijak. Pemain biasanya diizinkan untuk mendistribusikan waktu yang ditentukan di seluruh gerakan mereka sesuai keinginan, alih-alih dikurung dalam jumlah waktu tertentu per giliran. Romstad juga mencatat bahwa versi lama Stockfish digunakan, dengan pengaturan yang belum diuji dengan benar dan struktur data tidak cukup untuk pengaturan tersebut.

Romstad menyebut perbandingan Stockfish dengan AlphaZero “apel dengan orangutan.” Sebuah analisis komputer dari game zugzwang , misalnya, mengungkapkan bahwa Stockfish, menurut Stockfish , membuat empat ketidakakuratan, empat kesalahan dan tiga kesalahan. Tidak semua iterasi dari Stockfishes dibuat sama.

DeepMind menolak berkomentar untuk artikel ini, mengutip fakta bahwa penelitian AlphaZero-nya sedang dalam tinjauan sejawat.

Pemain manusia yang kuat ingin melihat lebih banyak, idealnya dengan lapangan bermain lebih tinggi. “Saya melihat beberapa catur yang luar biasa, tetapi saya juga tahu kami tidak mendapatkan yang terbaik ,” Robert Hess, seorang grandmaster Amerika, memberi tahu saya. “Ini juga berlaku untuk kompetisi manusia: Jika Anda memberi Magnus [Carlsen] dan Fabiano [Caruana] 24 jam per gerakan, apakah akan ada kemenangan? Seberapa sedikit kesalahan? Agar praktis, kami mengorbankan kesempurnaan demi efisiensi. ”

Chess.com mensurvei sejumlah grandmaster terkemuka, yang berkumpul bulan ini untuk sebuah turnamen di London (rumah DeepMind), tentang apa arti AlphaZero bagi profesi mereka. Sergey Karjakin, runner-up kejuaraan dunia Rusia, mengatakan dia akan membayar “mungkin $ 100.000” untuk akses ke program tersebut. Seorang komentator catur bercanda bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin membantu Karjakin mengakses program untuk mempersiapkan Turnamen Kandidat tahun depan . Maxime Vachier-Lagrave, pemain top Prancis, mengatakan itu “dengan mudah tujuh angka.” Wesley Jadi, juara nasional AS, bercanda bahwa ia akan memanggil Rex Sinquefield, pemodal kaya dan dermawan catur, untuk melihat seberapa banyak ia ‘ d pony up.

“Saya tidak berpikir ini mengubah lanskap catur manusia sama sekali untuk saat ini,” kata grandmaster Hess kepada saya. “Kami tidak memiliki kemampuan untuk menghafal segalanya, dan permainan itu sendiri adalah model yang kurang lebih sempurna dari sebagian besar konsep yang dikenal.”

Namun, dalam beberapa cara estetika, AlphaZero merepresentasikan pergeseran komputer ke arah pendekatan manusia terhadap catur. Stockfish mengevaluasi 70 juta posisi per detik, angka kasar yang cocok untuk perangkat keras, sementara AlphaZero hanya mengevaluasi 80.000, bergantung pada “intuisi,” seperti yang akan dilakukan grandmaster manusia. Selain itu, gaya permainan AlphaZero – agresi tanpa henti – dianggap “disangkal” oleh mesin-mesin yang ceroboh seperti Stockfish, yang mengarah ke gaya yang berhati-hati dan rawan menggambar yang saat ini mendominasi peringkat teratas catur kompetitif.

Tapi mungkin lebih ilustratif untuk mengatakan bahwa AlphaZero bermain bukan sebagai manusia atau komputer, tetapi seperti alien – semacam kecerdasan catur yang sulit kita pahami. “Saya merasa sangat positif!” David Chalmers, seorang filsuf di NYU yang mempelajari AI dan singularitas , mengatakan kepada saya. “Hanya karena itu asing bagi kita sekarang tidak berarti itu adalah sesuatu yang manusia tidak pernah bisa mendapatkannya.”

Di tengah kertas AlphaZero adalah diagram yang disebut Tabel 2 . Ini menunjukkan 12 bukaan catur paling populer yang dimainkan oleh manusia, bersama dengan seberapa sering AlphaZero “menemukan” dan memainkan bukaan itu selama pelatihan tabula rasa yang intens. Bukaan ini adalah hasil dari penelitian dan percobaan manusia yang luas – darah, keringat dan air mata – tersebar di seluruh abad dan di seluruh dunia. AlphaZero mengajar mereka sendiri satu per satu: pembukaan Inggris, Prancis, Sisilia, taruhan Ratu, Caro-Kann.

Diagram adalah gambar yang menghantui, seolah-olah algoritma supercepat telah belajar sendiri bahasa Inggris di sore hari dan kemudian menciptakan kembali, hampir secara tidak sengaja, bait penuh Keats. Tapi itu juga meyakinkan. Bahwa kita bahkan memiliki teori tentang gerakan pembuka dalam catur adalah artefak status kita sebagai makhluk yang tidak sempurna. Ada adalah hak tunggal dan cara terbaik untuk memulai permainan catur. Teori matematika memberi tahu kita demikian. Kami hanya tidak tahu apa itu. AlphaZero juga tidak.

close
search
Categories

Hi, guest!

settings

menu